Jum. Jun 21st, 2024
Bursa Karbon Indonesia Membuka Peluang Besar dalam Pengurangan Emisi

Bursa Karbon Indonesia, melalui IDXCarbon, telah menjadi sorotan sejak diluncurkan pada September 2023. Namun, hingga Juni 2024, pertumbuhan perdagangan di bursa tersebut masih mengalami tantangan. Meskipun demikian, potensi yang terkandung di dalamnya sangatlah besar, sebagaimana disampaikan oleh Antonius dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut Antonius, untuk mendorong pertumbuhan bursa karbon, diperlukan sinergi yang kuat antara regulator, kementerian terkait, dan pelaku industri. Kerja sama lintas sektor ini menjadi kunci dalam meningkatkan transaksi perdagangan karbon, baik dari sisi pasokan maupun permintaan.

Bursa karbon Indonesia memiliki potensi yang signifikan dalam sektor kehutanan, energi, dan transportasi dari segi pasokan atau suplai. Namun, untuk mendorong suplai ini, diperlukan dukungan aktif dari kementerian terkait. Sementara itu, permintaan dapat ditingkatkan melalui kebijakan seperti pajak karbon atau alokasi izin (allowance).

Presiden Joko Widodo menekankan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengadopsi solusi berbasis alam (nature-based solutions), dimana sekitar 60 persen pengurangan emisi karbon di negara ini berasal dari sektor alam. Ini menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara yang memiliki kontribusi yang signifikan dari sektor alam dalam mengurangi emisi karbon. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk memanfaatkan sumber daya alamnya sebagai bagian dari solusi dalam mengurangi emisi karbon.

Meskipun masih terdapat tantangan, seperti yang disampaikan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi, bahwa pertumbuhan perdagangan di bursa karbon masih bisa meningkat ke depannya. Dengan potensi lebih dari 3.700 pendaftar dan beragam unit karbon yang bisa diperdagangkan, bursa karbon Indonesia memiliki peluang besar untuk tumbuh dan menjadi pemain utama dalam perdagangan karbon global.

Bursa Karbon Indonesia, melalui IDXCarbon, menjanjikan peluang besar dalam mengurangi emisi karbon dan mendukung upaya mitigasi perubahan iklim. Namun, untuk mencapai potensi penuhnya, kerja sama lintas sektor antara regulator, kementerian terkait, dan pelaku industri sangatlah penting. Dengan langkah-langkah yang tepat dan sinergi yang kuat, bursa karbon Indonesia dapat menjadi salah satu motor utama dalam upaya global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *