Sen. Jul 15th, 2024

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menegaskan betapa pentingnya kebebasan pers dan media independen untuk mencapai keadilan iklim dan demokrasi. Wakil Duta Besar Inggris, Matthew Downing, menyatakan hal ini dalam acara Hari Kebebasan Pers Sedunia 2024 di Jakarta.

Menurut Downing, keadilan iklim dan demokrasi tidak akan tercapai tanpa adanya media yang independen, profesional, dan pluralistik. Inggris percaya bahwa orang harus dapat membahas isu-isu secara bebas, terutama dalam konteks peran jurnalisme dalam mengatasi perubahan iklim. Meningkatkan kesadaran publik dan menyoroti solusi yang ada dan potensial juga menjadi fokus utama.

Inggris berkomitmen untuk menyoroti pelanggaran kebebasan media di seluruh dunia. Penyalahgunaan atau pembatasan kebebasan media harus dipertanggungjawabkan. Downing juga menyoroti perubahan iklim yang disebabkan oleh tindakan manusia, dan bahwa krisis iklim saat ini merupakan masalah global yang harus ditangani dengan serius.

Jurnalis dan media memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi tentang perubahan iklim. Media adalah tempat di mana ide-ide dibagikan, cerita dibentuk, dan isu-isu diperdebatkan. Peran jurnalis semakin penting di tahun 2024 karena perubahan iklim telah menjadi perhatian utama bagi generasi muda.

Downing mendorong redaksi media untuk melihat perubahan iklim bukan hanya sebagai topik liputan, tetapi juga sebagai peluang untuk menciptakan konten yang menarik dan bermanfaat secara finansial. Pers yang bebas dan efektif adalah kunci untuk menciptakan masyarakat yang demokratis dan sejahtera.

Dengan demikian, keberadaan media independen dan pers yang bebas sangat penting dalam mendukung keadilan iklim dan demokrasi. Semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan media, harus bekerja sama untuk mengatasi tantangan perubahan iklim demi masa depan yang lebih baik.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *